11/15/2014 10:20
Jurnal "Digital Sports Media" menempatkan FC Barcelona di posisi teratas klub-klub sepak bola dunia lainnya dengan lebih dari 117 juta pengikut
Data diambil berdasarkan konsultan ternama RESULT yang sekali lagi menempatkan FC Barcelona sebagai klub sepak bola yang memiliki pengikut terbanyak pada media sosial, diatas Real Madrid dan Manchester United
Data diambil berdasarkan konsultan ternama RESULT yang sekali lagi menempatkan FC Barcelona sebagai klub sepak bola yang memiliki pengikut terbanyak pada media sosial, diatas Real Madrid dan Manchester United
Lebih dari sejuta fans baru tiap pekan
Barça menambahkan 60 juta pengguna di tahun 2014, yang artinya rata-rata tiap minggunya terdapat 1.3 juta fans baru. Facebook memiliki 30 juta pengikut di tahun ini, menjadikannya total 79 juta. Lima juga fans baru mengikuti 15 akun Twitter official milik Klub dan plataforma lainnya seperti Line dan Instagram also menjadi saksi dari tingginya pengikut Barça.
Dan hal tersebut bukan saja pada bidang sepak bola melainkan juga bidang lainnya seperti bola tangan yang memiliki pengikut hingga 3,9 juta, lebih dari 24 klub lainnya dijumlahkan. Dan 4 juta pengikut tim hoki sepatu roda sebanyak 4 juta menjadikan tim hoki yang paling popular di dunia.
Jurnal "Digital Sports Media", yang mengkhususkan pada bidang olahraga dan teknologi baru, menemukan bahwa FC Barcelona sebagai klub sepak bola dunia yang memiliki pengikut paling banyak, lebih dari 117 juta. Data tersebut dihimpun dari sebuah konsultan ternama RESULT, yang mengikutsertakan media sosial sepertiFacebook, Twitter, Youtube, Instagram dan Google + dari seluruh klub-klub sepak bola. Dan berada diatas Real Madrid (108 juta) dan Manchester United (70 juta).
Kehadiran Klub pada media digital tidak saja dari 5 jejaring sosial tersebut, tapi juga merambah hingga Line, WeChat, Tencent Weibo, Sina Weibo, Dailymotion dan Pinterest, yang tidak diikutsertakan oleh studi dari jurnal Digital Sports Media. Jika seluruh plataforma tersebut ditambahkan, maka Barça memiliki 60 juta fan baru pada kanal sosial sejak awal 2014 dimana Klub memiliki hingga 40 kanal.
Tapi semua itu adalah puncak dari gunung es. Dídac Lee, penanggung jawab dari teknologi terbaru mengatakan bahwa, “FC Barcelona pada bidang digital adalah lebih dari hanya sebuah Klub dengan pengikut paling banyak di dunia. Saat ini kami berkomunikasi dengan para fans kami melalui 40 kanal yang berbeda dan dengan sembilan bahasa yang berbeda.”
“Kehadiran pada dunia ini, disaat yang bersamaan juga menghasilakn rangkaian asset moneter. Ini adalah sumber penghasilan yang menambahkan penghasilan Klub hingga 30 juta euro pada musim lalu.”
WWW.FCBARCELONA.CO.ID